Rumah Makan Soto Betawi


Soto Betawi atau kadang disebut "Sobet" termasuk dalam salah satu ragam Soto yang paling populer dan sangat digemari. Dengan citarasa yang bisa diterima oleh semua kalangan, tak heran jika jagoan-jagoan Soto Betawi tidak hanya berada di kota asalnya Kota Jakarta tapi juga tersebar di wilayah nusantara lainnya.

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati.
  
Istilah Soto Betawi hadir dalam kuliner masakan Indonesia sekitar tahun 1977-1978, namun bukan berarti tidak ada soto sebelum tahun tersebut. Yang mempulerkan dan yang pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari / Prinsen Park, tentunya dengan ciri khas cita rasa sendiri.
 
Banyak penjual soto pada masa tahun-tahun tersebut, biasanya menyebut dengan Soto Betawi Pak "X" atau sebutan lainnya. Istilah Soto Betawi mulai menyebar menjadi istilah umum ketika penjual soto tersebut tutup sekitar tahun 1991.

Salah satu rumah makan soto betawi paling enak di bekasi adalah Warung Soto Pak Jo yang menyajikan soto betawi dengan campuran daging sapi dan kuahnya yang terbuat dari susu. Terletak di Jln. Wibawa Mukti II No.101 Kp. Kebantenan, Kec, Jatiasih, Kota Bekasi (Persis diseberang Pom Bensin Jatiasih) No. Telp. 021-910 60 980 | 08989 600 600.


www.warungsotopakjo.blogspot.com
Warung Soto Pak Jo